BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 30 Juni 2012

Sekali sahabat tetap sahabat (Part II)


(perpisahan dan kehilangan)
Part II
Based on a true story

            “Tuhan belum puas sudah ngebuat hidup gue hancur! Gue benci perpisahan!!!” braaaaaakkk … gue menyapu bersih segala barang yang ada di meja rias gue dengan kedua tangan gue. Gue baru berhenti melakukan itu saat adik gue (esya) menarik gue; “jangan lakukan hal bodoh di depan esya kak. Esya mohon, kakak ngga mau mencontohkan hal jelek kan buat esya?” tanya adik gue itu dengan wajahnya yang polos. “iya sayang, maaf ya” saut gue.
Seumur umur gue paling anti dengan yang namanya “perpisahan”! itu hanya hal konyol yang bisanya menguras air mata. Gue benci perpisahan sejak kelas 5 SD gue kehilangan 2 sahabat gue yang sangat gue sayang. Namanya Anisa dan Marsya. Anisa pindah ke riau, dan marsya pindah sekolah. Padahal itu pertama kalinya gue dapet sahabat sebaik mereka, berkat marsya gue jadi anak pinter walau nggak cerdas tapi setidaknya nilai gue selalu memuaskan, kalau anisa emangsih hobi dia nyontek pekerjaan gue terus, tapi itu ngga masalah namanya juga buat sahabat yg gue sayang. Tapi sejauh ini sampe gue SMA sekarang, anisa ngga pernah berubah, hanya saja marsya sekarang berubah total! Itulah sebabnya gue benci perpisahan! Perpisahan selain menyisakan kenangan, menyisakan luka dia juga memecahbelahkan persahabatan yang tadinya utuh menjadi lapuk.
Saat gue kelas 1 SMP, itu dimana gue mulai ada rasa empati ke cowok. Dan cowok itu yang pertama, yang berhasil bikin gue nggak judes sama cowok. Dia tetangga baru gue, dia sering banget main di lapangan depan rumah gue karena gue sering liat dia, gue jadi pengen tau dia lebih jauh. Namanya Aghira. Facebook yang membuat kita deket, seiring berjalannya waktu entah kenapa gue udah deket banget tapi tiba-tiba dia menghilang sekitar seminggu lamanya! Waktu gue enak enak main sama adek gue, bokap ngabarin kalo anaknya temen bokap meninggal karena kecelakaan sewaktu dia bolos sekolah, gue tanya aja siapa eh gak lain gak bukan itu Aghira! Air mata gue pecah! Lagi lagi perpisahan menghantui hidup gue!

Sewaktu gue udah naik kelas 2 SMP, gue punya temen dari sd yang sekelas sama gue, dia k-popers buanget, gue tau drama korea pertamanya dari dia. Namanya wista. Dia itu temen osis gue juga, waktu osis dia itu di cap jadi anak males karena ngga mau kerja, waktu ldks osis pas jalanan-nya nanjak dia ngga kuat dan pingsan. Terus pernah dia ngga masuk selama hampir seminggu-an, gue yang kebetulan sekretaris kelas waktu itu dapet surat di hari pertama dia ngga masuk, di tulis disitu wista ijin tidak masuk karena sakit. Tapi sejauh ini dia sakit apa kok sampai seminggu lamanya, akhirnya pagi pagi buta gue baca statusnya rafif (sepupunya) kalau wista udah meninggal. Gue ngga percaya! Akhirnya gue ke sekolah buru buru, sampe di pintu kelas anak anak berdiri dan nangis semua tiba tiba meluk gue; “caaaaaaa, wista ninggalin kita ca” ujar febby nangis sambil meluk gue…. Tibatiba viona lari ke gue dan bilang “kamu ngga percaya kan ca kalau wista meninggal? Kamu kan lumayan deket sama dia pasti kamu ngga percaya kan?!” lalu gue jawab “gu..gu gue gue gak tau! Gue pasti mimpi!” jawab gue dengan gagap. Rosa megang tangan gue, gue setengah keringet dan mau pingsan waktu itu. Di hari terakhirnya wista sempat nraktir gue sama febby, dan itu tumben tumbenan banget! Jadi initoh maksut baiknya wista, dia mau ninggalin gue dan temen temen sekelas. Waktu itu gue dan temen-temen langsung menuju ke rumahnya dengan naik bis sekolah, anak anak nangis liat wista memakai kafan putih yang seharusnya ngga dia pake saat ini! Dia meninggal gara gara demam berdarah. Gue satu satunya orang yang ngga berhenti nangis sampai almh wista masuk ke liang lahat. Cellia dan febby berusaha terus megang gue kemanapun gue pergi! INI TRAGIS! GUE BENCI PERPISAHAN!!         

Saat kelas 3 SMP.
Setelah kelulusan semuanya pada mencar mencari sekolah masing masing, gue pisah sekolah sama cellia. Sedihnya ngga karuan.
Tapi gue masih satu sekolah sama viona,rosa dan febby. Ya itung itung masih ada temen, tapi pacar dan sahabat terbaik gue php banget. Mereka ngga ngasih kepastian; yang katanya sekolah di sekolahku lah , mau sekolah negeri lah! Apa mereka gak tau gue ngarep banget satu sekolah sama mereka?!
Sore itu, satya ngasih kabar dia belum tentu satu sekolah sama gue, ayahnya maksa dia untuk masuk negeri. Gue udah ikhlas waktu itu, tapi tiba tiba dia daftar di sekolah gue sekarang, gue seneng nggak karuan. Tapi sekitar 4hari kemudian, satya bilang ayahnya tetap ngotot maksain satya buat masuk sekolah pilihan ayahnya! Seketika hati gue rasa nya pedih banget! Ini php nya ngalah ngalahin cowok php yang waktu itu ninggalin gue demi cewek lain! Shit.
Gue membisu,seluruh isi rumah gue diemin. Mama, kak derby,kak cheris, sampe esya bingung gue kenapa. Akhirnya mama mengutus esya (adik gue) untuk nemenin gue;
“kak caca, lo kenapa sih… seharian murung terus…….” Ujar adik gue
Sayangnya waktu itu gue tetep milih buat diem, akhirnya kedua kakak gue ikutan nemenin gue curhat.
“ca, ngomong kek…. Lo tahan apa jadi patung seharian gitu gak makan pula”ujar kak derby membujuk.
“caaaa, busetdah lo kenapasih?” ujar kak cheris.
“gue nyaris kehilangan semuanya” ujar gue tersendat
“lo kehilangan apa kak, elo ngga bakal kehilangan kita kok..kita kan sayang sama elo” ujar esya.
“tapi sayangnya gue kehilangan 3 orang yang amat berarti” ujar gue.
“siapa? Mas revan?” ujar esya.
Kedua kakak gue yang belum tau revan itu siapa hanya diam..
“salah satunya dek, yang dua itu satya sama cellia….. gue pisah sama mereka! Gue gamau”ujar gue
“perpisahan itu bukan akhir dari segalanya. Itung itung perpisahan itu ujian ketegaran buat lo ca” ujar kak cheris.
“ini yang ke empat kali nya gue nemuin perpisahan! Lalu siapa lagi yang nantinya bakal ninggalin gue! Siapa ? Tuhan bakal ngutus siapalagi buat ninggalin gue? Tuhan dendam kah sama caca? SLALU AJA GAK ADIL!” emosi gue pecah.
“ca, lo sadar diri kek kalo ngomong. Omongan itu doa ca! yatuhan, dan omongan lo itu amat sangat gak wajar. Lo barusan ngomong kasar sama Tuhan ca” ujar kak derby menyadarkan gue.
“yatuhan maaf. Gue bersumpah ya! mending gue kehilangan harta dan jadi gembel daripada gue kehilangan orang yang gue sayang!”
“iyaiya ca, gue tau… udah ya elo istirahat aja. Kondisi fisik lo lemah ca, gue paling tau elo kalo lagi stress pasti langsung sakit. Kalau elo sakit mama kasian ca” kata kak cheris.
“iya kak iya” ujar gue dengan pasrah.
“kak caca, ayo ikut esya masak yuk sama mama, biar kakak ngga sedih terus” ajak esya.
“iyadeh kakak mau…” jawab gue.

Sore itu mama masak sup yang sama kayak sup yang gue masak sama mama 2hari kemaren. Udah 3 kali gue masak ini sup tapi gagal; yang pertama hambar, yang kedua keasinan, yang ketiga encer, dan yang keempat ini perfect! Gue seneng. Mama dan esya berhasil ngehibur gue waktu itu. Trus mama nyuruh gue dan esya buat motong wortel kecil kecil, karena lampu yang tak begitu terang akhirnya jari gue kegores pisau dan berdarah. Esya langsung panik lalu triak memanggil mama..
“maaaa, kak caca tangannya berdarah ma!!” ujar esya kebingungan.
“hadduuuuuu caca, kok bisa sih nak? Sakit ngga? Perih ya?” tanya mama panik.
“engga sakit kok ma, lebih sakit rasanya dan lebih perih rasanya pisah sama revan,satya dan cellia” ujar gue sambil nangis..
“ini ngga seberapa ma, ini cuma sebagian perih dari rasa kehilangan” lanjut gue.
“hey, rasya! Dengar mama, walaupun kalian pisah…. Bukan berarti kalian ngga bakalan ketemu lagi, kalian bisa ketemu lain waktu sayang. Meskipun jauh di mata tapi akan selalu dekat di hati kan” ujar mama.
“mama ngga ngerti! Caca sakit hati ma. Caca kecewa Tuhan harus ndatengin perpisahan lagi yang keempat kali-nya kedalam hidup caca! Ampun ma. Caca pengen cepet mati” ujar gue putus asa.
Mama yang muka nya agak marah karena perkataan gue yang agak nyeleweng itu hanya bisa menarik nafas lalu menghembuskannya.
Gue udah nggak ngerti harus gimana lagi. Gue berdoa? Ngga ada guna, toh ngga ada jawaban, tapi kak cheris bilang “cellia emang udah pasti pisah sama kamu. Tapi satya sama revan kan belum tentu caca. Kamu masih bisa berharap sama Tuhan sayang, Come on! Don’t give up baby” ujar kak cheris yang member semangat.
Gue tulis sesuatu di diary book gue;
“gue tau, Tuhan ngga pernah mau melihat ciptaan nya merasa tersiksa dan sedih. Gue tau, skenario kehidupan yang Tuhan buat itu pasti yang terbaik buat gue, Tuhan adalah sutradara yang hebat. Dimana dia selalu membuat aktrisnya jatuh bangun didalam kisah yang Ia buat.”
“mungkin kata terakhir gue adalah Terimakasih; terimakasih untuk Tuhan yang udah ngijinin gue buat bertahan hidup selama ini. Buat ngerasain pahitnya kehilangan, buat ngerasain senengnya dapet hal baru, buat ngerasain susahnya berusaha dan berjuang. Sudah cukup aku ngerasain semuanya.”
“kalau-pun ini yang terbaik, apapun itu gue harus terima. Mau itu rugi di gue mau itu terbaik buat gue, gue selalu ikhlas kok. Lagian Tuhan selalu tau, mana yang terbaik buat gue. Selama gue hidup…. Gue pasrah aja, gue selalu ngikutin garis takdir yang diberikan Tuhan ke gue, kalau memang gue sial,Gue rela! Gue selalu inget kata mama; ‘Tuhan bukan tidak mendengar doa caca, tapi sekarang mungkin bukan waktunya Ia untuk menjawab. Tuhan selalu mendengar, tetapi orang yang memohon seperti doa caca tadi juga banyak nak, jadi kamu bersabar aja ya. kalau bukan sekarang tapi pasti nanti’. Kalau memang ini sudah saatnya gue buat ngerasain kehilangan seseorang yang gue sayang untuk yang keempat kalinya, dari dasar hati gue yang paling dalam, gue (terpaksa) ikhlasJ “.

Pada suatu kesempatan,febby dan fhara main kerumah,waktu itu gue ngga mau ketemu.. gue ngurung diri di kamar. Jadinya febby dan fhara hanya cerita cerita bersama adek gue aja. Esya menceritakan semua yang terjadi sama gue ke febby.
“caca memang gitu dek, selama 12 tahun aku kenal caca.. anaknya itu suabar banget gitu ngadepin cobaan. Dia selalu pake senjatanya; yaitu topeng ketegaran. Selalu deh dia itu masang wajah senyum tapi begitu suasana sepi, dia nangis..” ujar febby.
“iya kak…. Betul banget itu. Aku ngga mbayangin kalau kenyataan nya kak caca bener bener kehilangan pacarnya sama sahabat deketnya” ujar esya.
“semua kita kembalikan pada Tuhan dek, biarkan Tuhan membuat keputusan yang amat terbaik untuk caca” ujar fhara.
Akhirnya setelah menanyakan kabarku, febby dan fhara pamit pulang.
Sore itu … gatau kenapa gue cengeng banget! Gue murka! Gue banting cermin kecil yang biasanya suka gue bawa ke sekolah yang biasanya gue pake sama satya buat ngaca.
“gue capek nangis terus! Nangis nggak nyelesein masalah! Orang yang gue tangisin juga ngga ngerasa. Biarin lah hidup gue ini seperti air, mengalir tenang dari saluran perairan ter-atas menuju lembah bawah pegunungan” ujar gue.
Besok minggu, gue di ungsikan oleh mama ke tempat sodara gue di malang.
“biarkan caca tenang dulu disana ya pa” ujar mama kepada papa
“semoga caca balik dengan keadaan baik baik saja ya ma,pa” ujar kak derby.

                        Inilah pengalaman. Inilah yang membuat gue kuat. Inilah yang membuat gue selalu bisa menyembunyikan rasa sakit gue. Kalau kata febby; gue pinter banget acting……. Acting sok tegar kayak artis di film film pada umumnya.
                        Gue harap, ini yang terakhir! Cukup gue aja yang ngerasain kayak gini, jangan siapapun. Karena kehilangan itu rasanya ngga bisa diungkapkan hanya sekedar lewat kata. Perpisahan dan kehilangan hanya bisa diakhiri dengan tangisan.
            Gue inget kata kata “teman sejati takkan pisah selamanya” ya, gue dan satya sejati dan abadi. Dunia ini sempit. Masih ada peluang buat gue ketemu sama satya , cellia dan revan lagi itupun kalau nafas gue masih ada.
            Adek gue nemuin secarik kertas yang tulisannya lagi ciptaan gue tentang sahabat ;
awali hari dengan senyuman…
  marilah melangkah bersamaan..
  bersama denganku disini hey sahabatku..
  hari berganti hari kita terus bersama..
  menuju masa depan…menuju masa depan
  bersamamu ku disini teruskan hari demi hari
  lewati kenangan terburuk..
  bersamamu ku berada, tuk gapai cita cita
  tertinggi di angkasa….
 
Ya itung itung lagu itu buat satya lah….  Biar satya tau, kalo gue pengen banget bareng bareng dia buat gapai cita cita gue!
“ I have died everyday waiting for you.. darling don’t be afraid I have loved you.. for a thousand years…. I Love you for a thousand more..”
Lagu itu buat revan. Biar dia tau kalau sampe 1000 tahun pun cinta buat dia akan selalu ada. Revan…. Apapun yang terbaik buat elu, gue ikhlas. Demi elu gue lawan ego gueJ gue ngga akan benci elu, membenci elu berarti gue akan kehilangan elu, itu sakit sekali. Gue ngga mau menambahi sakitnya sakit ini setiap kali datang menyerang seluruh saraf gue. Gue pasti akan mati lebih cepat.

SELESAI.


                            “We’ve been through many month together" 


- Rebecca Valeria -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar