BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 30 Juni 2012

Sekali sahabat tetap sahabat


Gue rasya, tapi sebagian temen gue dan ortu gue manggil dengan nama pendek “caca”. Gue Cuma anak umur 14 tahun yang masih bisa di bilang seorang abg labil dan masih kepompong yang belum berubah menjadi kupu kupu.
Ngomong-ngomong soal kepompong, gue jadi inget ada lagu yang kayak gini “persahabatan bagai kepompong, merubah ulat menjadi kupu kupu, persahabatan bagai kepompong hal yang tak mudah berubah jadi indah”. Gue juga inget kalau lagu itu pernah dijadiin soundtrack smacam ftv gitu di sctv, yang ceritanya ada persahabatan berupa geng gitu. Gue juga ngalamin sekarang, persahabatan yang terbentuk geng tapi aslinya ini bukan geng, mungkin karena kita sering bergerumbul jadi banyak anak yg beranggapan bahwa kita itu geng-geng’an.  Persahabatan ini dirajut oleh 4 orang termasuk gue; ketiga temen gue yaitu febby,satya, dan rosa. Kita kenal satu sama lain sejak kelas 1 SMP, dan kita udah temenan sekitar 3 tahunan kaliya sampai sekarang yang mau lulusan. Gue sih sepakat sama anak anak, kalau emang nantinya kita pisah sekolah..kita ngga bakal ngelupain satu sama lain.
Dulu jaman kelas 2 gue sebangku sama rosa, gue deket banget sama dia.. entah kenapa kalau dia ngga ada rasanya hari hari gue terasa basi. Waktu kenaikan kelas 3, emangsih kita masih sekelas begitu juga sama febby dan satya. Tapi wali kelas gue yang super duper nyebelin itu minta semua anak kelas buat rolling tempat duduk, jadinya si rosa sama febby dan gue sama satya. Mana yang harusnya kita ber-empat duduk depan belakangan ini malah dipisah. Gue sama satya di pojok sebelah kanan, sementara febby dan rosa di pojok sebelah kiri. Mulai dari sini semua terasa beda. Mulai dari sini semua konflik bermunculan.
Awalnya kita ber-empat adem ayem aja bersama teman teman sekelas yang sudah seperti keluarga sendiri. Lama kelamaan, kita jadi jarang kumpul bareng… gue sekarang lebih suka curhat ke satya, vidia dan cellia. Ya bagi gue mereka temen baru padahal mereka udah jadi temen deket gue sebelum gue deket sama satya. Ngga tau kenapa gue sama satya jarang banget diajak omong sama febby dan rosa, ya gue sih acuh tak acuh aja ya, cuman sih satya nih yang selalu menggerutu dan dia merasa ada yang salah sama sikap febby dan rosa.
Dari cara kami yang jarang main bareng lagi,jarang komunikasi disinilah letak perpecahannya. Kami seperti musuh, taklagi seperti domba yang saling memberi kasih. Dan dari sinilah terbentuk kubu-kubu baru.  Gue terima anak dua itu udah ada temen baru, ya mereka gabung ke viona cs.
Gue sih tetep jalanin hari gue kayak biasa aja ya, ke kantin bareng satya,vidia dan cellia udah cukup bikin gue seneng daripada harus mikirin hal yang bikin makan hati.
Sahabat gue berubah, gue udah tegur… dia kembali. Tapi sayangnya hanya untuk sementara, setelah itu dia terus menjadi dirinya yang tak mengerti keadaan sahabatnya. Ya, dia yang gue maksut itu rosa. Kalau febby, dia biasa aja bahkan dia sebenernya muak dengan sifat rosa tapi dia tetap tahan saja perasaannya itu. Febby kawan kecilku. Suda sekitar 12tahun aku dan febby berkawan sejak masa kanak kanak jadi aku dan febby sudah saling mengerti satu sama lain.
Aku dan satya berlapang dada menerima apa adanya sifat sahabat kami, walau kami sangat sakit hati aslinya, tetapi kami bisa apa? Kami selalu saja dianggap salah di matanya. Kami tidak melakukan apa apa tetapi dia terkadang kalau lagi marah sama gue dan satya langsung deh nyindir di jejaring sosial. Gue bingung disitu, dan gue lebih mutusin untuk bersikap dewasa.
Lambat laun, makin deket ajanih sama ujian nasional. Sepanjang try-out di sekolah kadang gue berangkat sama rosa, atau engga satya yang berangkat sama rosa. gue tau rosa anaknya moody-an, makanya gue selalu jaga perasaannya.
Gue selalu memohon saat sedang berhadapan dengan Tuhan; agar gue selalu diberi kesehatan lahir dan batin, dan persahabatan gue tetap terjaga tanpa ada yang saling meninggalkan. Tapi mungkin Tuhan sedang sibuk, sehingga Ia tak mendengar dan mengabulkan segala permintaan ku.
Ada benernya jugasih kata kata nyokap, mungkin gue harus bersabar lebih lama lagi kali ya? tapi sampai kapan?
“GUE BESOK UNAS!!!!”. Teriak gue di kamar sekencang mungkin! Gue makin stress, gila gue makin akut, nyawa gue makin mau melayang rasanya, gak kerasa gue besok unas!gue mau curhat ke siapa bingung sementara satya,vidia dan cellia pun lagi off semua hapenya.
Gue ngaca di cermin. “gila besok gue perang, makin tipis ajanih rambut, gue gamau botak sebelum kawin ya Tuhan” …..hm gue harap Tuhan mendengar!
Tumpukan buku di muka gue udah ngga asing lagi rasanya, buku buku ini sudah terlalu sering gue jamah sampai H-1 pun gue jadi males menjamahnya lagi karena terlalu sering nya.
Tawaran joki-an bocoran dari cowok-cowok yg ngga gue kenal seketika masuk semua ke inbox gue. “ca,gue kasih bocoran ya ca…biar kita bisa sama sama dapet nilai unas bagus dan gue bisa satu sekolah lagi sama elo” ; yang lain lagi malah gini “ca, plis elo besok pake ya bocoran dari gue, gue ngga mau nilai lo jeblok ca” ; yang lain lagi “ca, gue mohon sekali aja dong lo nurut apa kata gue..pake bocoran dari gue ya” !!! SIAPA YANG MAU MAKE BOCORAN? ITU SEMUA DOSA! Gue telfon itu orang satu satu dengan kalimat yang sama “gue gak kenal elu, dan gue gak mau ikutin kata kata elu! Gue lebih baik jujur daripada gak jujur dan gue gak mau banggain nilai yang nggak murni. Sekian makasih” akhirnya gue langsung tutup itu telfon dan cowok-cowok tadi sms gue dengan berbagai kata maaf. Gue cuman bilang “emang gue peduli?”.

Oke jam 06.30 gue udah di ruang unas gue…. Jam 08.00 unas di mulai. Siap gak siap hari ini gue harusnya nyelamatin nyawa gue untuk perang di hari ke 2,3 dan 4! Gue ngga mau usaha gue selama 3 tahun ini dikalahin dengan 4hari peperangan yang gak penting dan gak jelas (buat siswa) sih……………
Selama 4hari hape gue di sita. Jadi ngga ada alasan gue buat make bocoran sialan itu. Semua unas gue asli hasil otak gue sendiri!
Setelah unas selesai gue main sama anak anak lain tanpa hadirnya rosa. ya, gue febby satya vidia dan cellia bukan musuhin rosa, hanya saja rosa yang merasa bahwa kita memusuhi dia.
“ngga sebaiknya apa kalau kita tegur dia?” tanya febby
“iya harusnya kita bicara aja baik baik sama dia” kata cellia
“gimana menurut lo ca?” tanya satya ke gue
“gue sih terserah ya, gue capek ngomong ke dia brulang kali..mending kalian aja” jawab gue dengan ekspresi datar.
Akhirnya temen temen gue sepakat buat negur rosa secara baik baik, dan hasilnya? Rosa balik main sama kita kita, tapi sorry kalau gue masih nganggep dia ngga ada meskipun dia ada dengan sikapnya yang sok asik. Iyeuwhhhhh
Heeemm, oke…… sepanjang nunggu pengumuman hari hari gue, gue isi main sama mereka, dari yang jalan jalan ke mall, main games, hunting foto dan sebagainya gue lakuin demi menyisakan memory terindah bersama best friend gue.

02JUNI!
“Astaga Tuhan ini terlalu cepat! Hari ini pengumuman kelulusan!” gue panik
Dan 100% LULUS! Tapi, sayang nya gue kalah dengan orang orang bodoh! Orang orang bodoh yang menjelma seketika menjadi orang yang (sok) pinter. Nilai mereka tinggi jauh di atas gue! Sedangkan gue lumayan lah di atas standard walaupun sedikit, tapi itu hasil jeri payah gue sendiri! Jeri payah belajar gue selama 3 tahun.
Tapi garagara nilai gue, nyari sekolah terasa susahnya masyaallah…. Yang nilainya tinggi tinggi mereka tinggal milih mau sekolah dimana, sementara gue? Menunggu keajaiban sekolah favorit mau nerima gue menjadi salah satu siswi disitu.
Gue terpaksa curhat ke nyokap soal ini;
“caca ngga usah pesimis ya sayang.. mama bangga kok sama nilai caca segituJ” ujar mama nenangin gue
“tapi papa ngga bangga ma! Mama ngga liat papa 4kali marahin caca cuma garagara nilai unas ini? Caca stress ma!” gerutu gue.
“memang mungkin papa kecewa, tapi di sisi lain pasti bangga sama kejujuran caca. Apapun yang caca peroleh itu adalah bekal untuk masa depan sayang, jangan di sesalkan ya” nasehat mama.
“iya ma, caca janji” ujar gue.

Hm…. Nasehat nyokap boleh juga tuh, tapi siksaan batin juga sih bokap marah terus soal nilai gue yang kalah saing sama orang orang bego yang pake bocoran. Segala fasilitas nyaris di cabut! BB, laptop, mp4, tv di kamar, kredit card sampe uang jajan bulanan gue!
Sumpah asli-nya gue ngga terima , tapi gue berusaha ikhlas.. gue keinget omongan mama “mungkin Tuhan sekarang tidak mengabulkan keinginan caca, tapi mungkin nanti” J mudah-mudahan omongan mama itu adalah harapan yang bisa jadi kenyataan ya…..
Balik lagi ke persoalan persahabatan!
Persahabatan gue sekarang ancur, rosa sekarang sering jalan sama temen rumahnya. Gue cuma bisa ngelus dada aja. Berharap satya ngga gitu juga ke gue.
Sebenernya jadi gue itu nasib selalu ngga mujur, tapi ada aja yang bilang kalo gue itu makluk hoki. Hoki darimane nye coy?!
Jadi seorang caca yang selalu tertimpa musibah dan tekanan batin itu engga gampang loh. Padahal di saat gue terpuruk gini, gue butuh hiburan dari semua sahabat gue tapi kenapa Cuma satya dan cellia yang selalu ada sama gue, kemana febby dan rosa?

Seketika tetesan dari mata berjatuhan, gue semakin ngga kuat! Gue teriak layaknya orang gila “KENAPA TUHAN NGGA PERNAH ADIL SAMA CACA, KENAPA DUNIA INI SELALU KEJAM SAMA CACA? KENAPA DUNIA INI AMAT TERLIHAT SANGAT PALSU DIDEPAN ORANG-ORANG YANG BENCI KEPALSUAN”.
Adek gue yang waktu itu lagi mbaca majalah di sebelah gue ikut bingung dan dia jawab “iya juga ya kak? Kenapa ya Tuhan dan dunia ini serupa dan sama” gue jawab “gue aja kagak tau dek, lu tanya ke gue lalu gue tanya sama sape”!

Okay .. udah berganti hari, gue siap siap berangkat sama kedua kakak dan 1 adek gue yang mau nemenin gue untuk cari sekolah, bokap gak peduli sama gue semenjak beliau tau nilai gue ngga sesuai sama yang beliau harapin.
Di hari pertama gue ngurusin semuanya sendiri. Gue coba SMA RSBI! Dan alhasil gue engga lolos. Minggu kedua gue urus sendiri lagi untuk SMA Negeri non-rsbi alhasil gue gagal juga! Kali ini gue mutusin gak bakalan gagal, kalaupun gagal gue bakal pindah kota buat cari sekolah disana. Akhirnya salah satu SMA swasta nerima gue jadi salah satu siswinya.
“baru kali ini gue ngerasa susah dan di sulitkan oleh pihak sekolah manapun! Susahnya cari sekolahan ngalah-ngalahin susahnya orang cari kerja tau ngga dek” ujar gue ke adek gue
“sabar ya kak, esya percaya kok… kakak bisa dan akhirnya terbukti kan kakak nemu sekolahan meskipun itu swasta. Aku salut kak, saat kakak tekanan batin garagara sahabat dan garagara papa, kakak masih usaha sendiri buat cari sekolah, kakak urus semuanya sendiri! Perjuangan kakak patut esya tiru kak” ujar adek gue
“gue ngga peduli dan ngga masalah kalau emang gue harus sekolah di sekolah plosok dan kumuh sekalipun. Sekolah itu tergantung niat dan usaha, kalau kita ikhlas dan ulet dalam memperjuangkan semuanya, mau sekolah di manapun pasti berhasil, tergantung hati (niat) dan otak (usaha) aja dek” ujar gue ke adek gue
“betul banget itu kak! Esya setuju” kata adek gue yang masih kelas 1smp itu.
Setelah percakapan kecil dengan esya, gue bersiap siap tidur karena besok gue harus mengambil berbagai perlengkapan seragam di sekolah gue yang baru.
Disana gue ketemu rosa dan febby bersama teman teman baru mereka. Ya, gue sih bersikap “flat” aja ya.. gue sekedar melontarkan senyum dan sapa gue secara tidak ikhlas. Gue buru buru cepet cabut ke rumah dan curhat semua sama kakak gue karena satya dan cellia jarang bisa dihubungin gara gara kesibukan masing masing.
“kak cheris! Caca mau cerita, masa iya tadi rosa sama temen barunya…. Ketemu aku kayak wajah tanpa dosa gitu” ujar gue.
“trus dek, dia ngga ngajak ngomong kamu?” tanya kak cheris
“dia diem aja kak, aku sebel aku tinggal aja” ujar gue
“wah parah tuh bocah, sombongnya kayak dia bisa manjat monas aje” kata kakak gue.
“ember, kayak ngga punya sense of guilt gitu kak ketemu aku tadi”
“ngga usah kamu ngurusin ababil kayak dia,ketularan ababil juga lagi kamu entar” saran dari kaka gue.

Baru aja gue beranjak dari kamar kakak gue! Ada sms masuk yang bikin hape gue bunyi, terkutip “from:febby” . “HM, mau apalagi?” pikir gue dalam hati.
Febby cuman bilang supaya gue ngga terus terusan nyuekin rosa. gue bales deh “lalu, gue harus gimana? Harus pasang topeng with fake smile di depan dia gitu? Apa dia ngga bakal sakit hati kalau tau, senyum gue itu ngga tulus?......... sorry feb, gue bukan tipe orang yang suka bermain muka” ujar gue.
Lalu, ngga lama febby bales “lu ngga kasian sama rosa? demi persahabatan kita ini ca…… bukannya kita udah sepakat untuk ngga saling ninggal ? kenapa ngga coba lu negur rosa baik baik? Barangkali dengan omongan lu dia bisa berubah” kata febby.
Gue jawab sms itu “gimana mau kasian? Dia aja ngga kasian sama gue and satya, dia ngga bisa ngejaga perasaan kita kayak kita ngejaga perasan dia! Gue kalo mikir slalu pake logika feb, akal gue jalan; gue mikir kalau dia ngga bisa njaga perasaan gue sama satya, buat apa gue harus ngejaga perasaan dia? Kalau dia ngga peduli, lalu buat apa slama ini gue selalu care sama dia? Memang tindakan terkesan nggak tulus! Begitu juga dia, masa dia pernah tulus sama aku sama satya? mungkin sama kamu dia tulus. Tapi enggak sama kita, dia selalu perhitungan. Sekarang siapa yang ninggal? Gue masih disini, gue masih nemenin kalian semua! Sekarang siapa yang suka ngga ada kalau kita lagi kumpul? Rosa kan?! Demi persahabatan siapa? Rosa dan kawan barunya? Iya? Bagi gue semua itu percuma, engga ada gunanya, toh kalo dia bilang “forgive me ca” gue pasti maafin dia lah, tapi besoknya dia tetep ngelakuin “The same mistakes” dan semua itu akan terasa sia sia feb! cerna kata kata gue baik baik” balasan sms gue ke febby.
Dan tak ada balasan dari sana! Mungkin febby sudah tidak bisa berkata apa apa lagi untuk membela rosa! memang fakta-nya rosa lah yang salah.
Dan liciknya rosa minta bantuan kakak sulung gue yang cowok, namanya derby. Kak derby tibatiba masuk ke kamar tanpa mengetuk pintu terlebih dahulu.
“adek, kakak mau ngomong boleh?” ujar kak derby
“boleh ajasih kak, silahkan masuk” kata gue.
“rosa cerita sama kakak, katanya kamu sama dia ada masalah. Masalah apa?”
“rosa tuh kak ninggalin temen lama yg tulus sama dia demi temen baru yang baru dikenalnya, dia suka perhitungan sekarang ngga tulus sama kita kita, dia suka ngga peduli sama kita kita” perjelas gue.
“emang bener ya? tapi kok rosa bilang kalau kamu yang jahatin dia?”  tanya kak derby.
“wah itu bocah, udah salah masih aja ngibul, apaan coba kak masa gue di fitnah didepan kakak gue sekarang! It’s a very a fucking things!” ujar gue penuh amarah.
“gue pastilah lebih percaya sama elo ca, elo adik gue. Sementara rosa? cuman adik nya pacar gue” ujar kak derby
“nah sip, makasih kak! Lebih baik gue dapet sahabat jelek tapi ngertiin gue dan nerima gue apa adanya, daripada sahabat iblis bermuka malaikat yang lupa temen! Dan lebih baik gue ngga punya temen daripada punya temen yang ngga baik dan jahat! ” kata gue.
“betul banget itu ca, untung elo ngga sampek benci sama rosa, menurut buku yang gue baca nih dek.. orang yang membenci temannya memang tidak baik tetapi lebih tidak baik lagi yaitu berpura-pura manis didepan temannya padahal hatinya tak begitu. Dan menurut gue, berpura-pura manis itu rosa bangetdah. Masalah beginian lo dewasa juga ya, ciye iyeiye yang udah SMA” ledek kak derby
“apaan sih lo, udah ye gue mau tidur”
Percakapan serius kami yang bercampur sesi curhat ala gue tadi udah berakhir.
Besoknya febby,satya,rosa,cellia pada kerumah gue. Yang kebetulan gue lagi sakit dan ngga bisa marah marah waktu itu, ternyata anak anak cuman sekedar nganterin rosa yang mau minta maaf ke gue, gue kira ini sekedar permainan belaka… tapi ngga ada salahnya sih gue terima kedatangan dia.
“ca, lo sakit?” ujar satya
“iya ca lo sakit ya ca” tanya cellia
“iyanih gue ngga bisa jalan, kaki gue sama tangan gue keram, badan juga panas, by the way kalian ngapain kesini?” tanya gue
“kita cuman mau nganterin rosa menuju pertobatan ca” ujar febby dengan sedikit ngelawak.
“huahaha lu bisa aja feb” ujar gue sambil ketawa geli.
“ca, please maafin gue. Gue ngaku salah, gue juga udah minta maaf kok ke cellia sama satya, sekarang ke elo ca, gue tau banget elu.. elu sahabat yang baik ngga mungkin elu bakal buang gue dan gak maafin gue. Itu mustahil banget ca” ujar rosa dengan air mata berlinang di pipinya.
“simpen aja air mata lu, gue ngga butuh. Elu lebih butuh untuk nangisin gue suatu saat kalau gue bener bener pergi dari elu sa, kalau elu udah tau mustahil buat gue gak maafin elu kenapa elu pake tanya? Sahabat mana yang ngga mau maafin sahabatnya sendiri sa , seburuk seburuknya elu, sehina hina-nya elu dan apapun hal yang menyakitkan yang pernah elu lakuin ke gue dan ke satya pasti gue maafin. Seharusnya sekarang elu bisa lebih sadar! Kesempatan kayak gini ngga datang dua kali, bisa aja saat elu ngelakuin kesalahan yang sama , udah ngga ada kata maaf lagi dari gue disana. Berubah jadi lebih baik dan ngga ngelupain sahabat! Itu aja keinginan gue dari diri lu” ujar gue.
“makasih banyak ca, gue ngga seharusnya ninggalin sahabat yang tulus sama gue, gue sayang kalian” peluk rosa melayang ke tubuh gue, gue memeluknya balik sebagai tanda berbagai masalah diantara kami tuntas.
Setelah kejadian tadi, gue sadar; sekali sahabat akan selamanya tetap sahabat, memang manusia tiada yang sempurna. Segala sesuatu yang buruk bisa terobati dengan sucinya permintaan maaf yang akan menjadi perdamaian.


                                                            SELESAI.


            “setiap orang pernah melakukan kesalahan, bahkan kepada sahabatnya sendiri. Oleh karena itu, jangan jauhi dia saat dia melakukan kesalahan padamu. Maafkan dia karena mungkin kamu juga pernah melakukan kesalahan padanya”


- Rebecca Valeria - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar