BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 15 November 2012

Sebenarnya, aku sayang papa



“Kenapa gue harus di bedakan dengan yang lainnya? Kakak kakak gue dapet senyum manis dari papa, sedangkan gue apa? Semua kerasa ngga adil, kedua kakak gue pernah merasakan belaian kasih sayang mama sebelum mama meninggal, sedangkan gue? Lihat wajah mama aja ngga pernah” ujar gue di depan kaca.
“Lo ngga harus ngerasa kesingkir, lala” Saut karin yang sedang rebahan di kasur.
“Terus gue harus ngerasa gimana? Ngerasa seneng sementara hati gue bener bener pedih? Gue bukan tipe orang yang bisa ngebohongin diri sendiri rin, apalagi buat bohong di depan elo” jawab gue.
“Menurut buku yang gue baca, ada kata pepatah; apapun yang kita jalani seburuk apapun itu sesakit apapun yang kita rasain, senyum itu adalah obatnya” ujar karin.
Gue speechless. Ada benernya kata karin, tapi gue juga ngga bisa dong senyum muluk, pasti ada saatnya gue pengen diem pengen nangis entah apa alasannya!
Entah lah, daripada bosen...mending nonton tv deh, ada ftv bagus yang gue tonton kisahnya sweet banget, anaknya sakit bocor jantung, bapaknya khawatir banget sama anaknya yang sakit ini karena anaknya sedang kuliah di luarnegeri, bapaknya nangis.
“Apa papa bakal ngelakuin hal yang sama kalau gue sakit serius begitu? Apa papa bakal ngerelain air matanya jatuh hanya untuk nangisin gue? Gue rasa itu ngga akan pernah terjadi, gue sadar gue ngga pernah jadi hal yang penting bagi papa semenjak gue lahir dan semenjak mama meninggal” Ujar gue termenung. Air mata gue pecah lagi..... semua pekerjaan gue berantakan, gue kehilangan ide buat bikin cerita di novel gue berikutnya.

Kak rezi (kakak kedua gue) tiba-tiba ngebuka pintu kamar gue yang tidak dalam keadaan terkunci, dia mendengar segala keluh kesah gue di depan tv.
“Lo peri kecil papa! Lo penting buat papa, lo tau..meskipun papa sering ninggalin elo ke luar negeri tapi papa selalu nelfon gue untuk hanya sekedar tau kabar gue, kak reza dan peri kecilnya yaitu elo. Apa elo ngerasain yang papa rasain kalau ngga lagi kumpul sama kita? Dia nangis la, lo harus banyak ngerti lala. Umur lo udah 23 tahun, lo udah dewasa!” ujar kak rezi.
“papa nangis karena kangen sama elo sama kak reza kalik, pentingnya lala buat papa apa? Lala anak yang ngga di harapin kan kak? Papa selalu nyalahin lala kan kayak kak reza dan elo nyalahan gue waktu masih kecil karena kalian kira gue penyebab mama meninggal, padahal semua ini terjadi gue ngga tau apa apa dan Tuhan sudah mengaturnya sejak lama. Benar tidak? Ngaku sajalah” ujar gue ngotot.
“Lo udah dewasa ya tapi otak lo ngga di pake buat mikir apa yang negatif dan positif, gue capek ngomong sama orang yang cara berfikirnya masih pendek kayak anak SD yang bunuh diri karena di amuk sama bapaknya, dipikir bapaknya ngga sayang sama dia” ujar kak rezi.

Seketika kak rezi meninggalkan kamarku di iringi bantingan pintu.
“IYA GUE TAU, GUE MASIH NGGA BISA BERPIKIR PANJANG, TERUS MASALAH BUAT LO” teriak gue sambil menyapu bersih barang di atas gue!

Kakak gue aja ngga bisa ngertiin gue, apalagi papa ?
Papa lagi dalam posisi ngga di rumah, papa lagi di newyork karena ada proyek yang harus di kerjakan. Miris banget gue, harus tinggal dengan 2 kakak yang ngga penyayang. Karena kesepian nya gue, gue suruh karin nginep rumah deh. Hampir tiap jam ada sesi curhat antara gue dan karin. Kak miki (kakak sepupu gue) sengaja mendengar percakapan gue dengan karin di taman belakang rumah;
“Gue bener bener ngga betah, kayak hidup tanpa ada orang yang sayang sama gue. Papa, kak reza, kak rezi semuanya berasa bayangan palsu yang ngga ada gunanya buat kehidupan gue, cuman kak miki yang jadi temen berkeluh kesah gue sewaktu lo sibuk. Kenapa gue harus hadir di tengah tengah keluarga ini kalau kehadiran gue sendiri ngga di harapkan?” ujar gue sambil menangis di hadapan karin.
“Kenapa lo mikirnya gitu sih lala, maaf kalau gue lancang... mereka kayak gini ke lo pasti ada sebabnya, mending daripada lo nangis.. lo cari tau deh, ngga mungkin kan gue yang cari tau” ujar karin.

Di sela sela pembicaraan gue, kak miki langsung ke kamar kak reza untuk memberitahukan pembicaraan yang tadi didengarkan olehnya.
“Eja, lo gila ya” ujar kak miki
“Maksut lo apaan mik?” jawab kak reza.
“Adek lo tuh si lala kasian, lo kakak macam apa sih?” gertak kak miki.
“kasiannya knapa? Gue ngga tau apa apa” jawab kak reza dengan polosnya
“makanya jadi kakak itu yang perhatian dikit sama adiknya, datengin tuh adik lo di taman belakang, dia berasa ngga dianggap sama orang di rumah ini” jawab kak miki.

Seketika kak reza melompat dari kasur, meninggalkan laptopnya yang masih menyala dan berjalan menuju taman belakang untuk mendatangi gue.
Kak reza terpaku di ambang pintu melihat tetes demi tetes air mata gue yang terus mengalir dan berhenti perlahan ketika melihat kak reza berdiri dan mau melangkah menghampiri gue.

“Lala, kakak minta maaf kalau selama ini................” belum sempat meneruskan perkataannya, gue buru buru memotong perkataan kak reza.
“lupain aja kak, lala udah ngga mempermasalahin kok” jawaban palsu yang terlontar dari mulut gue.
“BOHONG. Kakak ngga suka cara kamu kayak gini, kamu itu adik kakak, mana mungkin kakak ngga hafal sifat kamu yang pandai menutupi segala problem ? iya kan?” ujar kak reza membentak.
“Entahlah” jawab gue singkat. Gue muak sendiri akhirnya gue memutuskan untuk masuk kamar aja dan meninggalkan kak reza sendirian di taman belakang rumah.

Gue pernah bilang, “novelku diary-ku” akhirnya gue coba buat novel ketiga gue dengan fakta kehidupan pahit gue, judulnya “Ratapan seorang gadis kecil”. Ini lebih mengarah pada kehidupan gue sewaktu kecil sampai se-besar ini. Novel terbaru gue siap di rilis setelah 3,5 bulan pembuatannya. Novel tersebut mengisahkan seorang gadis kecil yang tak pernah mendapatkan sebuah hak-nya untuk dapat merasakan yang namanya kebahagiaan, entah itu dari kerabat dekat atau keluarga.
Maksud gue membikin novel itu bukan untuk agar semua orang tahu dan bersimpati, tapi selebihnya gue cuman ingin berbagi pengalaman, agar setiap orang yang membacanya bisa mengambil hikmah dan dijadikan sebuah pelajaran agar tidak terjadi pada kehidupan mereka.

“Buku ketiga gue udah terbit dan udah masuk ke toko toko buku, lo harus jadi orang pertama yang beli dan ngebaca-nya, rin” ujar gue di telfon.
“Hah? Beli? Gratis kek....pelit banget sama sahabat sendiri, lo pasti punya kan stock nya di rumah??” Jawab karin dengan kicau-annya.
“Ngga pake cerewet deh ya, pokoknya lo harus beli! Jadiin buku gue sebagai buku laris tahun 2012!!! Promosiin deh ke temen temen lo sama ke adek-adek lo tuh, mereka berdua kan suka baca dan ngoleksi novel we-he-he” ujar gue terkekeh.
“dengan sangat terpaksa gue berkata ‘iya’ tapi...... traktir gue nongkrong di starbucks ya??” bujuk karin.
“apa sih yang nggak buat lo, neng” jawab gue tertawa kecil.

*tut...tut..tut..tut

Berakhir lah percakapan via telepon antara gue dan karin. Gue sedikit lupa akan kesedihan gue selama 3,5bulan pembuatan novel ini. Kesibukan memang satu satunya kunci sukses yang bisa bikin kita sibuk dan lupa akan masalah masalah yang menyakitkan hati.

5hari kemudian.......

Hape gue berdering. Tertera nama kontak “Papa” disitu.
“Lala, papa sudah pulang dari new york, sekarang papa di bogor, 2 hari lagi akan balik ke rumah” ujar papa.
“Iya pa” jawab gue singkat.
“Lala, papa sudah beli dan baca sedikit isi dari novel terbaru kamu, di covernya tertulis ‘true story’ apa ini cerita yang kamu buat tentang papa dan kamu ? Jawab jujur ya nak” tanya papa.
“Ya pa..” jawab gue singkat lagi.
“Papa tau, mungkin kamu sakit hati selama ini papa tidak memperhatikan kamu,selalu menganggap kamu salah, selalu berkata kasar kepada kamu, maafkan papa ya” Ujar papa di iringi sebuah isakan dari sana.
“Sudahlah pa.... maukah papa sekali saja walau lewat telfon berkata kalau papa sayang lala ?” kata gue kepada papa yang sedang terisak disana.
“Maaf nak tapi papa.........” papa belum sempat melanjutkan perkataannya gue sudah menyela-nya.
“Ah sudahlah, buat apa lala berharap dan memohon papa berkata seperti itu yang lala ingin dengar itu dari hati papa sendiri bukan dari permintaan lala. Lala benci sama papa!” jawab gue yang kemudian menangis sambil menutup telepon.

Gue murka, gue memutuskan untuk keluar sama karin, gue mau cari kesenangan yang selama ini hilang dari hidup gue.



2hari kemudian.......

Di taman belakang rumah.

“Bayangin rin, gimana gue ngga sakit denger papa gue ngga mau bilang sayang ke gue sementara gue sayang banget sama dia sampai sampai gue kecewa saat dia berlaku kasar sama gue” ujar gue.
“Gue tau banget perasaan lo, tapi coba lo lihat dari sisi papa lo, beliau pasti ngga akan mau bertindak seperti itu kepada anaknya, semua pasti ada alasannya dan kalau lo mau mengobati kekecewaan lo, lo harus cari tau alasan papa lo berlaku kasar sama lo itu apa” karin mengusulkan sarannya.
“Kamu ngga perlu mencari alasan itu lala” tiba-tiba muncul suara laki laki dari balik pintu.
“Papa...........” ujar gue terkaget.
“Om.....” karin pun kaget.
“Kamu ngga usah repot repot mengobati rasa kecewa mu, lala... papa akan mengobati itu semua. Papa sayang kamu” ujar papa tersenyum.
Gue terpaku di depan karin, mendengar perkataan papa yang semenjak gue balita sampai umur gue sekarang 23 tahun baru sekali gue dengar dan itu saat ini. Air mata gue menetes. Gue berlari kecil mencoba untuk memeluk papa. Papa pun memeluk gue.
“Pa...sebenarnya aku sayang papa” ujar gue.
“Dan sebenarnya papa juga sayang lala” jawab papa yang sedang memeluk erat gue.

                        SELESAI...


“Tidak ada yang lebih hangat dari pelukan tulus seorang ayah”.

-Rebecca Valeria-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar